HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI PADA LANSIA

Tria Auliya Maratus Sholikhah, Elmie Muftiana, Sulistyo Andarmoyo

Abstract


Pada Lansia terjadi penurunan pola makan sehingga menimbulkan penurunan kesehatan pada lansia. Pola makan pada lansia dapat menggambarkan kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan seperti jenis, jumlah, dan frekuensi. Pola makan yang baik dapat meningkatkan status gizi yang baik pada lansia, mengingat pada lansia terjadi penurunan pada sistem pencernaan. Pola makan yang kurang akan Status gizi lansia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola makan dengan status gizi pada lansia di Posyandu Lansia Desa Ngloning Slahung. Jenis penelitian ini adalah Korelasi dengan desain Cross Sectional. Populasi seluruh lansia di Posyandu Lansia Desa Ngloning Slahung yang memenuhi kriteria. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner pola makan dan observasi Status Gizi Lansia. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik Spearman rho dengan tingkat signifikan <0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 responden didapatkan hampir seluruhnya yaitu sebanyak 31 responden (77,5%) memiliki pola makan yang baik. Status gizi didapatkan sebagian besar yaitu sebanyak 21 responden (52,5%) memiliki status gizi baik. Hasil uji Spearman rho p value (0,000) < α (0,05) yang artinya ada hubungan pola makan dengan status gizi pada lansia. Pola makan yang baik dan seimbang pada lansia dapat dilakukan dengan cara mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Karbohidrat bisa diganti dengan mengkonsumsi singkong, atau nasi merah. Kader Posyandu dapat memberikan motivasi kepada lansia untuk membuat pola makan yang seimbang, dan dengan memberikan makanan tambahan yang mampu meningkatkan status gizi lansia yang baik.

Full Text:

PDF

References


. Amran, Yuli, dkk.2012. Determinan Asupan Makanan Usia Lanjut.Jurnal kesehatan masyarakat Nasional vol. 6, No. (6).

. Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekaan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

. _______.2013. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

. Desy R & Tami.2016. Hubungan Pola Makan Status Gizi dan Interaksi Sosial dengan Kualitas Hidup Lansia di Kecamatan Taman Lansia. Jurnal Kesehatan Vol. 2, No. (3).

. Dwi Apprillia, Desy & Khomson, Ali.2014. Konsumsi Air Putih,Status Gizi, dan Status Kesehatan Penghuni Panti Wreda di kabupaten Pacitan. Jurnal Gizi Pangan Vol. 9, No. (3).

. Enny, elza.2006. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi lansia di t Barn Mapanget Barat Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal Gizi Pangan vol. 1, No. (1).

. Erwanto, Rizky, Muflih, dkk.2017. Buku Ketrampilan Lansia dan Keperawatan Keluarga (Gerontology and familly Nursing). Yogyakarta :Nuha Medika.

. Fatmah.2010. Gizi Usia Lanjut. Jakarta : Erlangga.

. Farid Lewa,Abd.2016. Hubungan Pola Konsumsi Makanan Sumber Protein, lemak,dan aktifitas sederhana dengan Status Gizi Lansia anggota binan Posyandu Lansia diKelurahan talise Wilayah Kerja Ouskesmas Taklise. Jurnal Kesehatan (Promotif) Vol. 6, N0. 2. Hal. 80-87.

. Febry, Ayu Bulan, dkk. 2013. Ilmu gizi untuk Praktisi Kesehatan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Hidayat A, Aziz.2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Surabaya : Salemba Medika.ekolah di Paud Tunas Mulia Claket Kecamatan Pacet Mojokerto. Jurnal Keperawatan Vol. 1, No, (2)

. Mycel B.2012. Hubungan Antara Tingkat Asupan Energi dengan Status Gizi Lansia di Kelurahan Mapanget Barat Kecamatan Mapanget Kota Manado. Jurnal Gizi Pangan Vol. 1, No. (1).

. Notoatmojo, Soekidjo.2007. Promosi Kesehatan Dan Perilaku. Jakarta :Rhineka Cipta.

. Notoatmojo, Soekidjo.2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rhineka Cipta.

. _________. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehatan .Jakarta : Rhineka Cipta.

. Nursalam.2011.Konsep Dan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

. _______.2016. Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan.Pendekatan Praktis edisi 4. Jakarta : Salemba Medika.

. Ratnawati, Emmelia.2015. Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta : PT Pustaka Baru.

. Riskesdes.2008. Laporan Nasional Reset Kesehatan Dasar (Riskesdes) 2008. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

. Sativa O.2010. Karakteristik Perawatan Lansia Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Gizi di Panti Werdha Tresna Abdi Dharma Asih Binjau.Skripsi (Online), (http: //repository.usu.ac.idbitsdream12456789/20753/4) diakses 5 November 2018.

. Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

. _______.2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta.

. Sumiyati N.2018. Hubungan antara tingkat Konsumsi energi dan protein dengan status gizi pada lansia di panti Werdha Pucang Gading. Semarang 2007.

. Supariasa, I.D.N.B. 2012. Penilaian Status Gizi. Jakarta : ECG : 1-7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.