GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG VERBAL ABUSE PADA ANAK DI DESA POMAHAN KECAMATAN PULUNG KABUPATEN PONOROGO

Rika Maya Sari

Abstract


Pada tahun 2003 WHO (World Health Organization) telah mencatat sebanyak 40 juta anak usia mulai dari 0-14 tahun di dunia telah mengalami kekerasan. Verbal abuse adalah salah satu bentuk kekerasan yang dialami anak. Seorang anak dikatakan mengalami verbal abuse apabila secara terus menerus menjadi korban kemarahan, hinaan atau ancaman orang disekitarnya termasuk orang tua. Faktor orang tua/keluarga, faktor lingkungan sosial/komunitas, dan faktor dari anak sendiri adalah penyebab terjadinya verbal abuse. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentangverbal abuse pada anak di Desa Pomahan, Kecamatan Pulung Ponorogo. Desain dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan jumlah sampel 37 ibu yang memiliki anak usia prasekolah didesa Pomahan Kabupaten Ponorogo, menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu yang baik sejumlah 19 %, pengetahuan cukup sejumlah 32,4 % dan pengetahuan kurang tentang verbal abuse sebanyak 48,6 %. Perlunya diberikan informasi berupa pendidikan kesehatan tentang verbal abuse kepada orang tua khususnya ibu oleh petugas kesehatan dengan penggunaan media yang tepat, mengingat pengetahuan ibu yang kurang baik tentang verbal abuse dapat meningkatkan terjadinya insiden verbal abuse pada anaknya.


Full Text:

PDF

References


. Anonim. 2011. “Catatan akhir Tahun 2011 Komisi Perlindungan Nasional Anak”. Dalamhttps://komnaspa.wordpress.com/2011/09/”.Diakses tanggal 20 Januari 2016.

. Fudyartanta. 2012. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. Huraerah, Abu. 2012. Kekerasan Terhadap Anak. Bandung: Nuansa Cendekia.

. Nursalam, 2013.Metodolog iPenelitian Ilmu Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

. Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan: Jakarta: EGC.

. Soetjiningsih.2009. Tumbuh kembang anak. Jakarta: EGC

. Wicaksana, I. 2008. Mereka Bilang Aku Sakit Jiwa Refleksi Kasus-Kasus Psikiatri dan Problematika Kesehatan Jiwa di Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

. Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Volume 1. Jakarta: PenerbitBukuKedokteran EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.