EFEKTIVITAS EXPRESSIVE ART’S THERAPY UNTUK MENURUNKAN POST TRAUMATIC STRESS DISOREDER (PTSD) PADA ANAK KORBAN GEMPA BUMI DI KECAMATAN GUNUNGSARI, NUSA TENGGARA BARAT DITINJAU DARI DUKUNGAN SOSIAL

Hasri Ardila, Niken Titi Prastiti, Tatik Meiyuntariningsih

Abstract


Post Traumatic Stress Disoreder (PTSD) adalah gangguan yang dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali anak-anak. PTSD merupakan sebuah reaksi stress setelah terjadinya peristiwa traumatis seperti Bencana alam gempa bumi, tanah longsor, dll. Kondisi psikologis akibat gempa bumi yang terjadi di NTB dan dialami oleh anak-anak wilayah tempat secara tidak langsung berpengaruh terhadap aktivitas sehari-harinya yang dapat juga menganggu tugas perkembangan bagi anak. Gangguan Post Traumatic Stress Disoreder (PTSD) pasca gempa bumi pada anak-anak perlu ditangani karena mereka belum memiliki kematangan identitas diri dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah terhadap stress masih sangat terbatas. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian intervensi Expressive Art’s Therapy untuk menurunkan PTSD ditinjau dari dukungan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen dengan desain randomized pretest-postest control group design. Subjek penelitian adalah siswa SD berjumlah 20 orang, yang terdiri dari dua sekolah di SDN 1 penimbung dan SDN 2 Kekait. Subjek penelitian tersebut merupakan anak yang mengalami gejala PTSD dengan kategori tinggi dan tinggi sekali pasca gempa di NTB. Analisis data menggunakan analisis parametrik yaitu uji independent t test. Hasil analisis ditemukan adanya penurunan PTSD yang signifikan (p=0.000), dan terdapat perbedaan PTSD ditinjau dari dukungan sosial dengan signifikan (p=0.032). Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Expressive Art’s Therapy dapat berpengaruh untuk menurunkan PTSD. Dukungan sosial dapat berpengaruh terhadap PTSD.

Full Text:

PDF

References


American Art Therapy Association. (1996). Mission statement. Mundelein: Author

AERA-APA and NCME. (1999). Standards for educational and psychological testing. ISBN : 0-935302-25-5

Aron-Robin, J. (2005). Child Art therapy. Hoboken, NJ: Wiley and Sons, Inc.

Azwar, S. (2016). Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.

Crenshaw, D. (2006). Neuroscience and trauma treatment: Implications for creative arts therapists, Expressive and creative arts methods for trauma survivors. London: Jesica Kingsley Publisher.

Cohen, S, & Syne,S.I. (1985). Social Support and Health. London: Academic Press Inc.

Damon, W. (1998). Handbook of child Psychology, Concept and Applications, Sixth Edition. New York : McGraw-Hill Inc.

Fullerton, et al. 2007. Textbook of Disaster Psychiatry. United Kingdom : Cambridge University Press.

Gussak, D. (2007). The Effectiveness of Art Therapy in Reducing Depression in Prison Population. International Journal of offender Therapy and comitmen criminology. Volume 51 Number 4, August 2007 444-460.

Guttman, Joseph; Regev, D. The Phenomenological Approach to art therapy. Journal of contemporary psychotherapy; summer 2004; 34, 2; ProQuest Psychology Journals. Diakses 15 juni.

Hurlock, (1993). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta : gelora Aksara Pratama.

Hogan, B., Linden, W. & Najarjan. (2002). Social Suppor Intervention. Journal clinical psychological Review. 22, 381,440

Kar, N. (2009). Psychological impact of disasters on children: Review of assessment and interventions. World Journal of Pediatrics, 5(1), 5–11.

Knill, P.J., Barba,H.N & Fuchs, M.N. (2004). Minstrels OF soul: Intermodal Expressive therapy (2nded). Toronto : EGS Press.

Levine,S.K. (2009). Trauma, tragedy, therapy : the arts and human suffering. London : Jessica Kingsley.

Levine, E, Stephen, L.(2004). Foundation of Expressive Art Therapy, theoretical and clinical perspective. London : Jesice kingsley publisher.

Malchiodi, C. (1998). Understanding Children Drawing. London : Guildford Press.

Malchiodi, C. (2005). Expressive Art Therapy. London The Guildford Press

Moon, C.H. (2002). Studio Art Therapy : Cultivating the Artist Identity in the Art Therapist. London : Jessica Kingsley Publisher.

Sarason, I.G. dkk. (1983). Assesing Social Support: The Social Support Questionary. Journal Of Personality and Social Psychology. 44,127,139.

Wardani, A. (2011). Psikologi Kesehatan. Yogyakarta : Galang press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.