PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI MANUSIA PEMBELAJAR

Ratna Dwiasih

Abstract


Pada proses pembelajaran, banyak dipengaruhi oleh faktor dari guru seperti kemauan menyiapkan bahan pembelajaran yang lebih baik, kemauan untuk menerapkan metode-metode pembelajaran yang telah didapat, juga mengembangkan keterampilan mengajar yang dapat menarik perhatian siswa dan merangsang siswa untuk belajar.
Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan karakter siswa sebagai manusia pembelajar, serta dapat mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran tersebut. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK), model pembelajaran Problem Based Learning dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas X MIA 1 MAN Panggul, pada semester 2 tahun pelajaran 20017-2018. Data diperoleh melalui observasi, pemberian tes uji kompetensi, dan penyebaran angket. Kemudian dianalisilis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas siswa meningkat dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas dengan aktif, berfikir bersama, dan berhasil menjawab soal - soal. Hasil belajar siswa meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning siklus I dan siklus II, dapat meningkatkan karakter siswa sebagai manusia pembelajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.