ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK PENUTUR ASING (BIPA) “SAHABATKU INDONESIA” SERTA NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA LEVEL A I DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Ida Yeni Rahmawati

Abstract


Buku bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” ini merupakan sebuah buku yang diterbitkan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Buku ini telah digunakan oleh sebagian besar lembaga yang memiliki program pengajaran BIPA. Pada hakikatnya buku bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) ini tentu masih memiliki banyak kekurangan, sehingga masih perlu untuk dianalisis lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kelayakan isi, dan nilai pendidikan karakter.
Lokasi penelitian ini di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah buku bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia”. Teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen. Validitas data dengan triangulasi sumber data. Kesimpulan penelitian tersebut adalah kelayakan isi, dengan predikat baik dari kedelapan kriteria. Delapan kriteria tersebut antara lain ditinjau berdasarkan kelengkapan materi, keluasan materi, kedalaman materi, keakuratan materi, kemutakhiran materi, mendorong keingintahuan siswa, praktikum, kewirausahaan, dan pengayaan. Hasil penelitian nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) “Sahabatku Indonesia” terdapat delapan belas nilai. Nilai pendidikan karakter tersebut antara lain, sopan, ramah, toleransi, jujur, terbuka, rasa ingin tahu, dermawan, percaya diri, peduli sosial, bersahabat, peduli lingkungan, keberanian, cinta damai, gemar membaca, berakhlak mulia, kreatif, mandiri, dan demokratis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.