MEMAKNAI MOTIF BATIK MERAK SEMAWIS KHAS SEMARANG SEBAGAI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Aziz Darmanto, Fentya Dyah Rahmawati

Abstract


Indonesia dianugerahi kekayaan warisan budaya yang beragam. Setiap warisan budaya yang ada memiliki makna dan nilai-nilai luhur. Adanya makna dan nilai-nilai luhur tersebut dapat dijadikan pelajaran dan pengilhaman, khususnya pada ranah pendidikan. Pendidikan sejatinya bertujuan membentuk insan yang berkaraker, beradab, dan berbudaya luhur sebagaimana jati diri bangsanya. Di era global saat ini, untuk mewujudkan tujuan pendidikan semacam itu maka unsur budaya tidak bisa diabaikan dalam pelaksanaan pendidikan itu sendiri. Sebaliknya, nilai-nilai yang terkandung dalam unsur budaya dapat diimplementasikan pada pelaksanaan pendidikan. Salah satu warisan budaya yang Indonesia miliki adalah Batik. Batik menjadi kearifan lokal yang lekat di masyarakat Jawa dan diwariskan turun-temurun. Batik dikenal memiliki makna dan filosofis dalam setiap motifnya, tak terkecuali Batik Motif Merak Semawis khas Semarang dengan dominasi corak burung merak dan bambu yang dikenal memiliki nilai filosofi yang sangat bagus dalam kehidupan. Nilai filosofi tersebut dapat dijadikan landasan dalam upaya menjadikan pembelajaran yang berkarakter dengan mengambil nilai-nilai dari kearifan lokal tersebut. Dengan begitu, upaya membentuk generasi yang berkarakter, beradab, dan berbudaya luhur sebagaimana jati diri bangsanya dapat dimulai dengan menerapkan nilai-nilai filosofi Batik Motif Merak Semawis khas Semarang pada pelaksaaan pendidikan berwawasan kearifan lokal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.