ANALISIS WACANA IKLAN TELEVISI “TOLAK ANGIN VERSI BUDAYA TRULY INDONESIA” TINJAUAN SITUASI SOSIAL BUDAYA, ASPEK GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL

Wawan Kusnawan, Alip Sugianto

Abstract


Iklan sebagai sebuah wacana mengandung pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat secara luas. Salah satu iklan yang menarik adalah tolak angin versi budaya truly Indonesia. Untuk mengungkap pesan tersebut, maka perlu membedah pola wacana yang digunakan dari perspektif situasi sosial budaya, aspek gramatikal dan leksikal. Hasilnya adalah dari aspek situasi sosial sangat tepat ketika terjadi dinamika budaya antara Malaysia dan Indonesia, dari aspek gramatikal yang paling dominan adalah pengacuan atau referensi dengan komposisi pengacuan pronomina persona terdapat dua dan satu pronomina demonstratif sehingga total berjumlah tiga pengacuan, sedangkan penyulihan terdapat dua unsur yang pertama penyulihan nomina dengan penyulihan frasal. Selain itu terdapat pelesapan dan konjugsi yang masing-masing berjumlah satu. aspek leksikal dari data tersebut, menunjukan bahwa data yang paling dominan adalah aspek repetisi berjumlah empat unsur yang melipui unsur repetisi tautotes, anafora, epistrofa, dan anadiplosis, sedangkan aspek sinonimi terdapat dua unsur yaitu kata dengan kata dan frasa dengan frasa, selanjutnya aspek kolokasi dan hiponimi masing-masing terdapat satu unsur


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.