PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Musdaeni Musdaeni, Syahruni Syahruni, Nirwana Lahis

Abstract


Artikel ini membahas tentang bagaimana pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau biasa disebut dengan pembelajaran berbasis ICT (Information Computer Technologi). Artikel ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui hakekat pendidikan karakter; 2) untuk mengetahui keterkaitan pendidikan karakter dan perkembangan teknologi informasi; dan 3) untuk mengetahui pemanfaatan ICT dalam pendidikan karakter di sekolah.
Pendidikan karakter adalah pemberian pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian, tanggung jawab, kebenaran, keindahan, kebaikan, dan keimanan. Pendidikan karakter dapat mengintegrasikan informasi yang diperolehnya selama dalam pendidikan untuk dijadikan pandangan hidup yang berguna bagi upaya penanggulangan persoalan hidupnya. Pemanfaatan TIK merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kemajuan TIK dengan segala potensinya yang ada, jika dikelola dandimanfaatkan dengan baik akan dapat digunakan untuk mendukung efektifitas pelaksanaan pendidikan karakter yang menjadi perhatian utama kita. Teknologi informasi dan komunikasi harus dimanfaatkan sebagai sarana untuk menerapkan nilai-nilai dasar pendidikan karakter, dan dapatdimanfaatkan sebaik-baiknya agar para generasi bangsa ini mampu meningkatkan kemampuan dan mengembangkan kreativitasnya dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.