IMPLIKASI KOMPETENSI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA Antara Masalah Belajar Peserta Didik dan Solusinya

Suratman Suratman

Abstract


Pendidikan Pancasila merupakan pendidikan yang sangat mendasar bagi bangsa dan negara Indonesia, karena akan berhubungan langsung dengan keberadaan Negara Kesatuan republik Indonesia dan jati diri, serta karakter bangsa Indonesia. Dalam pembelajaran, bagi peserta didik banyak mengalami kendala, yang bersumber dari dalam diri peserta didik, tingkat daya serap peserta didik yang berbeda, motivasi diri yang rendah untuk berprestasi, serta problemtika dari luar yang dihadapi peserta didik. Kopetensi Guru faktor penting dalam keberhasilan melaksanakan tugas pembelajaran di Sekolah. Implementasi Kompetensi Guru dalam pengelolaan pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perencanaan, langkah-langkah pelaksanaan, evaluasi hasil belajar dan pengembangan kecerdasan peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai kompetensi yang dimiliki. Terkait dengan latar belakang tersebut, penelitian ini memfokuskan pada implementasi guru dalam pembelajaran pendidikan Pancasila, yang berkaitan dengan masalah siswa dalam pembelajaran, dan solusinya. Untuk itu penelitian ini, melakukan studi literature dengan meneliti selama melaksanakan pembelajaran Pendidikan Pancasila. Dari studi literature dan pengalaman penelitian dapat ditarik kesimpulan : (a) Kompetensi Guru akan berkembang, sejalan dengan motivasi melaksanakan tugas pembelajaran, pemahaman terhadap masalah peserta didik dalam belajar, serta kreatifitas solusi dari permasalahan tersebut, (b). Problematika belajar siswa sangat unik dan variatif, yang berkaitan denga sifat dasar individu, motivasi diri, dan dalam kehidupan kelompok, (c) Dengan implementasi kompetensi guru yang berkembang, dengan mengenali problematika belajar siswa, pendidik mampu menciptakan pembelajaran yang solutif, sehingan bisa meminimalisir problematika dan pembelajaran yang maksimal, (d) Pengembangan kopetensi guru sejalan dengan pelaksanaan tugas pembelajaran dalam memahami masalah belajar siswa akan berimplikasi solusif terhadap pembelajaran, (e). Dalam pembelajaran solusif akan mampu menciptakan situasi dan kondisi belajar yang kondusif, meningkatkan daya serap, motivasi, dan solusi pemasalahan peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.