PERAN SERTIFIKASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 PONOROGO

Umi Farida, Yowana Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalaj ingin mengetahui secara komprehensip peran sertifikasi guru terhadap kinerja guru. Sertifikasi guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme seorang guru. Data yang diperlukan adalah data Primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatip. Ruang lingkup penelitian itu di SMA Negeri I Ponorogo, pemilihan lokasi dilakukan secara purposive ( Sengaja ). Alasan Pemilihan lokasi karena di SMA Negeri I memiliki guru sertifikasi dan guru yang belum sertifikasi, Populasi dalam penelitian ini yaitu guru yang bersertifikasi dan guru yang belum bersertifikasi sebanyak 80 Responden.Hasil penelitian ini menujukan bahwa Motivasi kerja guru sertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi kerja guru yang belum sertifikasi ,karena guru sertifikasi memiliki rasa kepercayaan yang tinggi saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar di  sekolah serta mampu memberikan dukungan dan membimbing guru yang belum sertifikasi untuk tetap memiliki motivasi kerja dan semangat kerja yang tinggi dengan harapan dapat segera mengikuti tes guru sertifikasi dan meningkatkan Kinerjanya. Disiplin kerja guru sertifikasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan disiplin kerja guru yang belum sertifikasi. Perbedaan disiplin kerja guru sertifikasi dan guru yang belum sertifikasi adalah guru sertifikasi memliki disiplin kerja yang tinggi jika dibandingkan dengan guru yang belum sertifikasi, karena guru yang belum sertifikasi tidak setiap hari berada di sekolah, hanya ketika jadwal mengajar, jadi kedisiplinannya terhadap waktu, dan tugas kerja yang masih kurang. Semua itu disebabkan sebagian guru yang belum sertifikasi mengejar progam sertifikasi guru, sehingga guru yang belum sertifikasi masih kurang dalam disiplin kerjanya.Kinerja guru sertifikasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan kinerja guru yang belum sertifikasi . Perbedaan kinerja guru sertifikasi dan guru yang belum sertifikasi adalah dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas, guru sertifikasi selalu memiliki inovatif dalam melaksanakan tugasnya hal ini berhubungan dengan adanya sertifikasi seorang guru yang dituntut untuk selalu berkreasi dalam menciptakan metode pembelajaran yang tepat bagi siswanya sedangkan guru yang belum sertifikasi masih monoton dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.


Keywords


Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja, Guru Sertifikasi dan Guru yang belum Sertifikasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.