INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH

Nur Mas Hani

Abstract


Inovasi Pendidikan Agama Islam di madrasah harus terus dikembangkan sebab hingga kini kualitas Pendidikan Agama Islam di madrasah masih cenderung dinomorduakan oleh Muslim di negara kita yang mayoritas ini. Masalah-masalah yang dijumpai diantaranya kurikulum yang sering berubah yang kurang diikuti dengan penyiapan perangkat pendukungnya, guru yang belum professional, orientasi pembelajaran yang masih pada transfer pengetahuan agama, penekanan pada hafalan, dominasi penggunaan metode ceramah, cenderung monoton, indoktrinatif, teacher-centered, top-down, sentralistis, mekanis, verbalis, kognitif, dan misi pendidikan kurang terarah. Menghadapi berbagai problema tersebut diperlukan inovasi pendidikan agama Islam di madrasah, di antaranya dengan memperjelas visi-misi pendidikan, orientasi pada kebutuhan peserta didik, profesionalisme guru, metode pembelajaran yang inovatif yang mengedepankan problem solving, dan orientasi manajemen pendidikan berbasis pada madrasah. Untuk itu pemerintah harus terlibat aktif dan memberi peluang pada masyarakat untuk terlibat secara aktif, kreatif dan inovatif.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1995.

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy. Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung. Jakarta : Bulan Bintang, 1979.

Arif, Mahmud. Panorama Pendidikan Islam di Indonesia; Sejarah, Pemikiran, dan Kelembagaan. Yogyakarta: Idea Press, 2009.

Assegaf, Abd. Rachman. “Membangun Format Pendidikan Islam di Era Globalisasi”, dalam Imam Machali dan Musthofa (Ed.), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2004.

Azra, Azyumardi. Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Dawam, Ainurrafiq dan Ahmad Ta‟arifin. Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren. Tt: Lista Fariska Putra, 2005.

Fajar, A. Malik. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan, 1998.

Furchan, Arief. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia, Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI. Yogyakarta: Gama Media, 2004.

Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Mas’ud, Abdurrahman. Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik, Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Remaja Rosadakarya, 2009), 38.

Muqowim, “Menggagas Pendidikan Islam Transformatif: Upaya Mewujudkan Kesadaran Profetik Dalam Pendidikan”, Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1, No. 1 Mei - Oktober 2004

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Hisyoris, Teoritis dan Praktis. Jakarta : Ciputat Pres, 2002.

Nurgiyantoro, Burhan. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Sebuah Pengantar Teoritis dan Pelaksanaan. Yogyakarta: BPFE, 1988.

Pramusinta, Yulia “Konsep Madrasah Dengan Pendekatan Filosofis”. AKADEMIKA, Volume 9, Nomor 2, Desember 2015.

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Sanaky, Hujair AH. Pendidikan Islam Alternatif Upaya Mengembangkan Madrasah. http://www.pdf-finder.com/Pendidikan-Islam Alternatif-Upaya Mengembangkan Madrasah.html.

Sholihah, Ni’matus. “Problematika Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, Sebab-Sebab dan Solusinya.” Religi: Jurnal Studi Islam Volume 6, Nomor 1, April 2015

Setiawan, Djoni “Whole Brain Teaching”, Majalah Suara Pendidikan. Edisi XXIII Juli 2014.

Sutrisno. Revolusi Pendidikan di Indonesia. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2005

Sutrisno, Pendidikan Islam Yang Menghidupkan, Studi Kritis terhadap Pemikiran Fazlur Rahman. Yogyakarta: Pusataka Pelajar, 2006.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu, Memanusiakan Manusia. Bandung: Rosdakarya, 2008.

Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Jl. Budi Utomo No.10, Ronowijayan, Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471

View My Stats ISIE UMPO 2018

Indexed By:

Supported By: