IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SD/MI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK

Nur’im Septi Lestari

Abstract


Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP. Pelaksanaan Kurikulum 2013 memfokuskan semua mata pelajaran saling mendukung baik kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Dalam kurikulum 2013 tingkat SD materi disajikan dengan tema-tema, oleh sebab itu perlu adanya pembelajaran tematik. Pembelajaran Tematik merupakan sebuah pembelajaran yang dikemas ke dalam bentuk tema yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang disajikan dalam satu media yang terpadu. Salah satu cara agar siswa dapat memahami isi dari pembelajaran tematik adalah menciptakan aplikasi game guna menarik minat belajar dan menghilangkan rasa jenuh terhadap materi pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu; (a) proses pembelajaran tematik dalam implementasi kurikulum 2013 (b) faktor hambatan pembelajaran tematik, (c) solusi penghambat pembelajaran tematik dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kulitatif. Adapun lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Jayapura dengan mempertimbangkan bahwa SD tersebut merupakan salah satu lembaga unggulan dan favorit di Kota Jayapura. Sumber data penelitian ini diambil dari paraguru dan kepala sekolah SD Muhammadiyah Jayapura. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini antara lain: (a) pendidik sudah melakukan proses pembelajaran tematik dalam implementasi kurikulum 2013.(b) ditemukan beberapa faktor penghambat pembelajaran tematik diantaranya: Kesulitan mengembangkan RPP, silabus, penggunaan strategi pembelajaran kurang bervariasi begitu, penggunaan sumber pembelajaran dan media pembelajaran. (c) dan ditemukan solusi penghambat pembelajaran tematik dalam implementasi kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang

Fadillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawati, Ika Diah dan Husni Wakhyudin. 2014. Efektivitas Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Universitas PGRI Semarang. Volume 4 Nomor 1 Juli 2014

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Banjarmasin: Pustaka Banua, Cet. Ke-1, h. 14.

Pedoman Pembelajaran Tematik dan Silabus Tematik Terpadu dalam Permendikbud No. 57/2014 tenatang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Permendikbud No. 103/2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Reffiane, Fine dan Ernawati Saptaningrum. 2011. Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan Melalui Pendekatan Tematik Untuk Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal. Volume 1 Nomor 1 Juli 2011.

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Jl. Budi Utomo No.10, Ronowijayan, Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471

View My Stats ISIE UMPO 2018

Indexed By:

Supported By: