STRATEGI GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN SISWA DI SMK 1 PEMDA BALONG PONOROGO

Imam Rohmad, Happy Susanto, Anip Dwi Saputro

Abstract


Salah satu SMK yang berbasis pesantren adalah SMK 1 PEMDA Balong, yaitu  merupakan suatu lembaga pendidikan  menengah kejuruan ala pesantren yang mendidik para siswa untuk berkarya dan mendidik para siswa sesuai dengan petunjuk Allah SWT dan tuntunan Rosulullah SAW. Dalam aplikasinya SMK 1 PEMDA Balong diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan agama menjadi suatu jalinan kurikulum. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi guru pai dalam menanggulangi kenakalan siswa, mengetahui hasil penanggulagannya dan faktor penghambat dan pendukung yang dilaksanakan di SMK 1 PEMDA Balong. Metode penelitian  yang digunakan yaitu: kualitatif dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: strategi Guru PAI Dalam menanggulangi kenakalan siswa dengan menerapkan 5S yaitu: Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun dan didukung juga budaya saling menghormati, budaya sholat dhuha dan mengaji Alqur’an yang diterapkan siswa selama di sekolah. Hasil penanggulangan  kenakalan siswa sudah banyak perubahan dilihat dari yang sebelumnya suka berkelahi, bleyer-bleyer ketika naik motor sudah berubah pribadi yang lebih baik. Dari semua program yang sudah dijalankan ada beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam menanggulangi kenakalan siswa faktor penghambat  diantaranya: Kedua orang tuanya pisah atau cerai sehingga tidak ada pendukung dari keluarga selain dari sekolah Orang tuanya disibukkan dengan pekerjaan masing-masing sehingga tidak ada waktu yang diluangkan untuk anaknya. Orang tua yang terlalu lama kerja di luar negeri sehingga kurang peduli dengan kehidupan anak. Faktor keturunan orang tua. Adapun pendukung dari Strategi Guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa ialah Orang tua yang selalu peduli dengan anaknya, adanya kasih sayang orang tua, pendidikan anak dengan ilmu agama.

Full Text:

PDF

References


Ali Mustofa, Hanum Asrohah. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Surabaya: Kopertais IV Press.

Al-Syalhub, Fuad Bin Abdul Aziz. 2012. Quantum Teaching. Jakarta: Zikrul Hakim.

Aly, Heri Noer. 2000. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani.

Tilaar. 2004. Managemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isjoni.2008. Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachman, Maman. Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press.

Irham, Muhammad. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Marimba, Ahmad D. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Nurul, Zuriah. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zuriyah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Aneka Cipta.

Syam, Aldo Redho, & Arifin, Syamsul. (2017). Kedudukan Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam Di Era Globalisasi. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2 (1). doi:http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.879

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 1999. Statistik Non Parametris Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Jl. Budi Utomo No.10, Ronowijayan, Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471

View My Stats ISIE UMPO 2018

Indexed By:

Supported By: