HAKIKAT MANUSIA MENURUT PEMIKIRAN AL GHAZALI

Katni Katni

Abstract


Hakikat manusia menurut al Ghazali adalah jiwa, al-nafs, al-qalb, al-ruh, dan al-aql merupakan esensi immaterial yang mandiri bersumber dari alam al-amr, tidak memiliki tempat, memiliki kesanggupan mengenali dan menggerakankan, memiliki sifat abadi. Esensi tersebut tidak berkaitan secara otomatis dengan raga karena raga memiliki potensi-potensi dasar yang berlawanan, bahkan berbeda dengan jiwa. Mediatror antara essensi dengan raga adalah jiwa vegetatif dan jiwa  sensitif yang memiliki hubungan dengan raga. Jiwa sensitif dan jiwa vegetatif dan raga memiliki fungsi pelengkap bagi jiwa manusia, baik dalam kegiatan mengenali maupun dalam merealisasikan perbuatan manusia. Jiwa manusia memiliki kesanggupan menyerap pengetahuan aksiomatis dan berpikir mewujudkan pengetahuan baru. Manusia ideal menurut al-Ghazali adalah manusia yang pada diri pribadinya  terdapat keutamaan-keutamaan. Keutamaan-keutamaan tersebut terdiri dari: 1). Al Hikmat (kebijaksanaan),  al-iffat (kesucian), al-syaja’at (keberanian) dan al-adalat (keadilan).  Keutamaan raga terdapat pada kesehatan, kekuatan, keindahana dan panjang umur. Oleh karena itu, keutamaan-keutamaan tersebut adalah untuk mencari  kebahagian hidup di dunia dan diakhir dengan jalan memiki kompetensi dan keilmuan keduniawian untuk hidup secara pribadi, keluarga dan masayrakat, serta mengorientasikan seluruh aktivitas kehidupan didunia untuk memperoleh makrifat kepada Tuhan yakni memperoleh kebahagian hakiki di akhirat degan cara beribadah dan memperoleh Ridha Allah

Full Text:

PDF

References


Al Ghanimi Al Taftazani, Abu Al Wafa. 1974. Sufi Dari Zaman ke Zaman (Madkhal ila al-Tashawwuf al Islam), Penerjemah Ahmad Rofi’ Utsmani. Bandung: Pustaka.

Al Ghazali. t.th. Al-Munqidz Minadh-Dhalal. Beirut Libanon: Asya’biyah.

Atjeh, Aboebakar. 1971. Filsafat Akhlak dalam Islam. Semarang: CV. Ramadhani.

Hasbullah, Bakry. 1973. Disekitar Filsafat Skolastik Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nasution, Muhammad Yasir. 1988. Manusia Menurut Al-Ghazali. Jakarta: Rajawali Press.

Rahardjo, M. Dawam. 1987. Insan Kamil Konsepsi Manusia Menurut Islam. Jakarta: Pustaka Grafity Press.

Sulaiman, Fathiyah Hasan. 1988 Bahts-fi’l madzhab Al-Tarbawi Inda’l-Al Ghazali, (Konsep Pendidikan Al Ghazali), Penerjemah Ahmad Halim dan M. Imam Aziz. Jakarta: P3M.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_____________________________________

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Jl. Budi Utomo No.10, Ronowijayan, Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471

View My Stats ISIE UMPO 2018

Indexed By:

Supported By: